Match Analysis: Kombinasi Bruno Fernandes dan Danilo Jadi Kunci Kehancuran Timnas Kroasia

Bruno Fernandes (Foto: Instagram)

Laga UEFA Nations League semalam menghadirkan kejutan ketika finalis Piala Dunia 2018 lalu, Kroasia, dipermak luar-dalam oleh Portugal. Empat gol Portugal hanya sanggup dibalas Kroasia dengan satu gol saja. Padahal sang kapten Cristiano Ronaldo cuma ongkang-ongkang kaki di pinggir lapangan. Apa yang terjadi?

Melihat statistik, Kroasia seperti tim paria menghadapi Portugal. Hanya 43% mereka memegang bola dibandingkan dengan 57% milik Portugal. Di sisi lain, Portugal tak hanya menguasai pertandingan, namun sangat efektif dalam memanfaatkan dominasi mereka. Sebanyak 27 tembakan dilancarkan dengan 11 diantaranya menemui sasaran. Bandingkan dengan Kroasia yang hanya melepaskan 5 tembakan dan hanya 2 yang tepat sasaran.

Kalau anda melihat bahwa skor babak pertama hanya 1-0, itu bukan karena keberhasilan Kroasia mengimbangi Portugal. Melainkan karena kegemilangan sang kiper, Livakovic, yang membuat 5 kali penyelamatan dari 6 tembakan tepat sasaran Portugal. Namun sangat berisiko jika sebuah tim bertumpu pada penjaga gawang untuk mementahkan serangan lawan. Dan itulah yang terjadi di babak kedua. Portugal membuat lima tembakan tepat sasaran dan kali ini hanya dua yang berhasil diselamatkan sang kiper.

Rating Pemain (Sumber: Sofascore)

Kunci kemenangan Portugal terletak dalam kemampuan trio gelandangnya dalam menahan laju serangan Kroasia. Bruno Fernandes melakukan 4 tekel, 1 intersep, dan 1 kali dilewati lawan. Danilo melakukan 3 tekel, 4 intersep, dan 1 kali dilewati lawan. Hanya Joao Moutinho yang agak kewalahan dengan melancarkan 4 tekel dan 4 kali dilewati lawan tanpa sekalipun melakukan intersep. Padahal ketiganya tidak hanya bertugas untuk bertahan tapi juga harus menyokong serangan dari lini kedua.

Bandingkan dengan duet gelandang bertahan Kroasia. Mario Pasalic hanya membuat 3 intersep tanpa tekel. Sementara Mateo Kovacic hanya membuat 1 intersep dan 2 tekel. Tak heran wilayah pertahanan Kroasia diobok-obok oleh para pemain Portugal. Selama 30 menit pertandingan bola beredar di wilayah Kroasia. Bandingkan dengan 16 menit bola berada di wilayah Portugal.

Sumber: Whoscored

Bruno Fernandes benar-benar jadi momok Kroasia dalam pertandingan ini. Meski tak mencetak gol, Bruno menjadi nyawa di lini tengah. Tak hanya kuat bertahan, Bruno juga menjadi pemain yang melepaskan umpan kunci terbanyak dalam pertandingan ini. Sebanyak 7 umpan kunci dilepaskan. Dipadukan dengan Bernardo Silva di posisi penyerang kanan yang melepaskan 5 umpan kunci, tak heran Kroasia begitu menderita dalam pertandingan ini. Bandingkan dengan Kroasia yang hanya memiliki satu pemain yang melepaskan umpan kunci lebih dari sekali, yaitu Ante Rebic tercatat 2 kali melepaskan umpan kunci.

Bruno Fernandes benar-benar seorang monster. Tak heran ia menjadi man of the match dalam pertandingan ini. Kombinasinya dengan Danilo sebagai sang penghancur serangan lawan menjadi kunci penampilan gemilang Portugal malam tadi.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas footballmagz.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas