Prediksi Kemana Haaland Pergi

Foto: Intagram/bvb09

Isu transfer terpanas saat ini adalah rencana kepindahan Erling Haaland. Kabar ini menyeruak karena sang agen, Mino Raiola, dikabarkan melakukan perjalanan maraton ke Barcelona, Madrid, London, dan Manchester.

Borussia Dortmund konon harus menjual Haaland karena mereka mengalami kesulitan keuangan akibat terjangan pandemi Covid-19. Laporan keuangan mereka per pertengahan musim 2020/2021 ini mencatatkan kerugian sebesar 26,3 juta euro.

Apalagi mereka terancam tidak bisa tampil di UCL musim depan karena berada di peringkat lima klasemen sementara. Dortmund tertinggal tujuh angka dari Eintracht Frankfurt di peringkat keempat klasemen dengan liga hanya menyisakan tujuh laga lagi. Jika gagal tampil di UCL, kemungkinan besar pendapatan mereka akan turun drastis musim depan.

Lima klub saat ini dikabarkan meminati Haaland, yaitu Barcelona, Real Madrid, Chelsea, Manchester United (MU), dan Manchester City. Hal ini tidak mengherankan karena performa Haaland memang sangat mengerikan. Ia mencetak 21 gol dari 22 laga di liga, dan 10 gol dari hanya 6 laga di UCL.

Pertanyaannya, klub mana yang tepat untuk menjadi pilihan Haaland?

Barcelona dan Real Madrid saat ini sedang tidak stabil. Keduanya tak lagi terlihat mendominasi jalannya liga. Selain itu, keduanya juga tengah diliputi banyak ketidakpastian. Messi yang berencana pergi. Barcelona yang gagal lolos ke perempat final UCL. Madrid yang seperti tidak punya sosok kepemimpinan. Zidane yang diisukan akan dipecat. Haaland memang pemain yang hebat. Namun, dengan usianya yang baru menginjak 20 tahun akan lebih baik bagi Haaland untuk bermain di tim yang sedang dalam kondisi mapan.

Man City, MU, dan Chelsea saat ini bisa dibilang stabil. Ketiganya menduduki empat besar liga. Chelsea mungkin hanya berada di peringkat keempat, akan tetapi mereka sedang dalam rentetan performa apik pasca ditangani oleh Thomas Tuchel.

Sayangnya, Man City saat ini ditukangi oleh Pep Guardiola yang terkenal tidak terlalu mengandalkan peran striker dalam timnya. Ia bahkan lebih dikenal karena strategi false nine yang menempatkan seorang gelandang menjadi penyerang bayangan. Terlebih, Pep bahkan sepertinya tidak terlalu menyukai penyerang dengan postur badan tinggi besar seperti Haaland. Zlatan Ibrahimovic yang bergabung dengan Barca-nya Pep saja tidak terpakai. Padahal Ibra kala itu datang dalam kondisi sudah sangat matang sebagai pemain. Man City sepertinya bukan pilihan yang tepat bagi Haaland.

Pilihan terbaik tinggal MU atau Chelsea. Secara keseluruhan, kedua klub ini bisa dibilang sama-sama dalam situasi stabil. Tidak ada intrik di dalam klub, dan performa keduanya di liga juga sangat apik. MU dan Chelsea juga sama-sama membutuhkan seorang penyerang ganas untuk menggaransi kemenangan.

Yang membedakan adalah sosok pelatihnya. MU adalah satu-satunya klub besar yang pernah ditangani Ole Gunnar Solksjaer. Ole juga belum pernah memenangi trofi mayor. Berbeda dengan Thomas Tuchel yang sudah menangani tiga klub besar, yaitu Borussia Dortmund, PSG, dan Chelsea. Tuchel juga sudah memenangi dua trofi liga dan menjadi runner-up UCL kala menukangi PSG. Dari sini, sudah terlihat perbedaan kualitas diantara kedua pelatih.

Selain itu, ada satu lagi yang bisa jadi pertimbangan bagi Haaland. Tuchel adalah orang Jerman. Semenjak awal tahun 2019, Haaland sudah bermain di negara yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa resmi. Jika bergabung dengan Chelsea, proses adaptasi seharusnya lebih mulus. Apalagi, Tuchel adalah mantan pelatih Borussia Dortmund.

Maka, kalau melihat pertimbangan-pertimbangan di atas, Chelsea mungkin adalah pilihan terbaik bagi Erling Haaland. Namun, apakah hal ini akan terwujud? Kita harus ingat bahwa bursa transfer terkadang penuh kejutan. Terutama bila dalam proses transfer itu melibatkan Mino Raiola. Mari kita nantikan bersama.

Jangan lupa like halaman facebook atau follow akun twitter kami untuk mendapatkan update tulisan-tulisan terbaru khas footballmagz.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas